02.23

Belajar Bahasa Inggris Tidak Pernah Terlambat

Tuntutan untuk lancar berbahasa Inggris semakin tinggi saja di zaman global ini. Entah itu sekadar untuk mengirim surat lamaran pekerjaan ke sebuah institusi internasional atau bernegosiasi dengan mitra bisnis dari luar negeri.

Mungkin banyak orang mengalami masalah dalam pekerjaan bukan karena tidak mampu, tapi hanya karena kemampuan bahasa Inggris yang kurang lancar. Seperti mempelajari hal apapun, tidak ada kata terlambat untuk belajar bahasa Inggris. Hanya saja memang dibutuhkan kemauan dan ketekunan untuk dapat benar-benar menguasainya dengan sempurna. Prinsip untuk menguasai bahasa Inggris yang efektif adalah dengan menjadikan bahasa tersebut sebagai bagian dari keseharian. Oleh karena itu, gunakanlah sesering mungkin di manapun dan kapanpun. Biasakan membaca, mendengar, dan berbicara dengan bahasa Inggris pada setiap kesempatan.

Misalnya dengan menyisihkan waktu setiap hari untuk membaca artikel berbahasa Inggris. Kalau belum mampu membaca sebuah artikel sekaligus, mulailah dengan membaca satu paragraf atau satu kalimat per hari dulu. Agar proses belajar lebih menarik, pilihlah topik-topik yang sesuai dengan minat masing-masing. Luangkan waktu untuk mendengarkan lagu, berita, atau kaset-kaset percakapan dalam bahasa Inggris agar terbiasa.

Agar belajar lebih efektif, harus diciptakan juga kesempatan untuk belajar di luar jam belajar kelas, misalnya dengan berdiskusi sama teman, mengunjungi website pelajaran bahasa Inggris, atau berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan teman atau native speaker.

Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda. Gaya belajar ini terbentuk dari lingkungan dan kebiasaan sehari-hari. Dengan mengenal gaya belajar, maka dapat dipilih strategi belajar yang efektif.

Setelah mengetahui prinsip belajar bahasa Inggris yang efektif dan mengenal gaya belajar masing-masing, langkah berikutnya adalah menumbuhkan kemauan untuk belajar dan menerapkan strategi belajar yang sesuai dengan gaya belajar tersebut.

Selamat memperlancar bahasa pergaulan dunia..!

0 komentar: