06.27

Rahasia Inner Beauty

Pernahkah anda memperhatikan salah satu rekan anda yg sebetulnya tidak cantik secara fisik, agak gemuk malah, tetapi malah dikejar-kejar lawan jenisnya?..
Orang boleh bilang dia luwes, supel, charming, pandai bergaul atau apa pun istilahnya. Namun istilah yang tepat adalah dia memiliki inner beauty.

Pada dasarnya, inner beauty adalah kecantikan dari dalam yang terpancar ke luar, dan menciptakan aura positif di sekeliling anda. Inner beauty tidak ada kaitannya dengan tampilan fisik, seberapa ramping tubuh anda, atau seberapa mancung hidung anda. Inner beauty juga bukan bersifat subyektif. Seseorang yang memiliki inner beauty biasanya selalu menarik di hadapan segala jenis manusia.

Jangan pernah berpikir bahwa seperti halnya kecantikan fisik, inner beauty adalah suatu bawaan sejak lahir. Inner beauty bisa dilatih. Anda bisa tampil lebih menarik dengan menerapkan kombinasi tiga-dimensi untuk menonjolkan kecantikan dari dalam jiwa anda. Tiga-dimensi itu adalah psikis, bahasa tubuh, dan interpersonal skill, serta sedikit polesan fisik (yg tidak terkait dengan seberapa cantik diri anda).

Berikut ini beberapa tips untuk mengoptimalkan inner beauty dalam diri anda :
Bersyukur dalam segala hal
Syukur adalah kosmetik yang paling mempercantik diri. Bersyukur akan menghindarkan anda dari pikiran-pikiran negatif yg dapat membuat anda terkesan lebih tua dari yg sebenarnya. Bagaimana cara bersyukur?..
[a] ingatlah orang lain yg lebih menderita, atau lebih kurang beruntung, dibandingkan anda.
[b] buat daftar hal-hal baik yg anda alami, pencapaian (achievement) yg telah anda raih, jg keberuntungan-keberuntungan yg pernah anda dapatkan.

Berpikir Positif
Di saat-saat yg buruk, mungkin anda akan sulit berpikir positif. Namun, anda masih dapat bersyukur kalau anda berpikir positif.
Yg jelas, kejadian apa pun ada sisi positifnya, tergantung dari mana anda memandang kejadian itu. Berpikir negatif akan membuat anda sewot, dan akhirnya anda jadi cemberut. Kalau senyum membuat anda cantik, cemberut melenyapkan kecantikan anda.
Jadi, hentikan berkeluh kesah. Hentikan pikiran bahwa anda adalah makhluk paling sial di seluruh dunia. Jauh lebih mudah bagi anda untuk bangkit dari puing-puing kegagalan atau dari suatu musibah, apabila anda tetap berpikir positif.

Selalu Tersenyum
Senyum adalah aset kita yang tak ada habisnya. Tersenyum seribu kali sehari tidak akan membuat anda rugi atau miskin. Justru anda akan mendapat peluang-peluang baru dengan lebih banyak tersenyum.
Zaman sekarang, orang-orang menjadi semakin pintar. Mereka dapat membedakan mana senyum formalitas, senyum menggoda, atau senyum yg tulus. Maka tak ada salahnya kalau anda melatih senyum tulus anda, agar tidak menimbulkan kesalahan interpretasi. Hanya dengan senyum tulus anda akan mendapatkan sesuatu.

Jauhi Rasa Iri
Rasa iri sudah menjadi momok bagi manusia sejak zaman kail dan abil. Karena itu, tunjukkan bahwa peradaban anda sudah tinggi, dengan tidak lagi merasa iri pada keberuntungan-keberuntungan atau kesuksesan orang lain. Rasa iri adalah pertanda anda tidak mampu. Daripada merasa iri, optimis aja bahwa keberuntungan atau kesuksesan orang lain suatu saat akan menjadi milik kita.

Hindari Dendam
Dendam dalam hal apa pun, membuat anda lekas tua. Sebab energi, pikiran dan waktu anda hanya tercurah pada bagaimana cara membalas dendam. Dendam yg merasuk ke tulang sumsum, merupakan sesuatu yg sangat menghancurkan diri anda. Akibat dendam, banyak orang kehilangan kualitas positifnya. Dendam menciptakan musuh bagi jiwa anda. Padahal, pepatah mengatakan, "Seribu teman terlalu sedikit, seorang musuh terlalu banyak".

Pelajari Seni Memaafkan
Memaafkan orang lain mungkin merupakan hal yg paling sulit. Sebagian orang sukar memberi maaf karena akan menghancurkan harga diri. Orang yg lain enggan memaafkan karena merasa tidak dimintai maaf oleh yg bersangkutan.
Maaf lebih terkait dengan keikhlasan jiwa anda, kebesaran hati anda. Minta maaf maupun memberi maaf mencerminkan jiwa anda yg lapang. Percayalah, seseorang yg berhati ikhlas dan pemaaf tidak akan menemui onak duri dalam perjalanan hidupnya. Sang khalik akan senantiasa memberikan karunia.

Jangan Sepelekan Hiburan
Kita hidup dalam peradaban masa kini yg sering membuat stress. Target penjualan, presentasi, persaingan bisnis yg semakin ketat, pelayanan konsumen yg kian rumit_semua itu merupakan risiko dari jalan yg kita pilih.
Jangan tenggelamkan diri anda ke dalam suatu persoalan itu. Sekali waktu, tariklah jiwa anda dari tekanan pekerjaan, ajaklah orang yg anda kasihi untuk menikmati saat-saat refreshing.
Refreshing dapat menjadi salah satu faktor dalam keberhasilan anda, entah dalam hal karir, kehidupan sosial, pembentukan kepribadian atau aktualisasi diri.

Sekian dan terima kasih!..





0 komentar: