01.33

Memilih Universitas Yang Pas Dan Berkualitas

Menyambut tahun ajaran baru, banyak siswa tingkat SMA, tingkat akhir yg ketar-ketir ketika memilih calon tempat kuliah mereka nantinya. Ya, menentukan universitas yg tepat memang tak mudah. Sebab, hal ini akan menentukan masa depan mereka kelak. Berikut ini adalah beberapa hal yg dapat menjadi pertimbangan sebelum memilih universitas yg pas dan berkualitas.

Pertama, carilah informasi selengkap-lengkapnya mengenai universitas yg akan anda tuju. Informasi mengenai universitas yg akan anda tuju dapat diperoleh dari manapun. Bisa dari internet, teman, keluarga, alumni, maupun survei langsung ke universitas yg akan dituju. Akan tetapi, semua informasi baik yg baik maupun yg buruk, yg anda peroleh, jgn diambil mentah-mentah. Jadikanlah semua informasi tersebut sebagai bahan pertimbangan dan referensi anda tentang universitas tsb.

Kedua, perhitungkan jarak yg harus anda tempuh. Kendala jarak dapat membuat prestasi anda menurun di kuliah nanti. Walaupun banyak universitas favorit di Indonesia yg terletak di luar kota atau pulau, tetapi anda harus memperhitungkan segala macam biaya dan tenaga yg diperlukan nantinya. Jika anda terpaksa harus kuliah di luar kota atau pulau, usahakan anda memiliki saudara di daerah tersebut.

Ketiga, pilihlah univeristas yg sesuai dengan kemampuan dan minat anda. Sering terjadi, karena mengikuti trend atau teman akhirnya terpaksa masuk ke universitas yg tidak sesuai dengan kemampuan dan minat anda. Alhasil, kuliah anda pun dapat terlunta-lunta.

Keempat, pikirkan dengan cermat berapa biaya yg dibutuhkan. Biasanya biaya menentukan kualitas. Akan tetapi, bukan berarti universitas yg murah biayanya, maka kualitasnya jg rendah. Pada dasarnya, semua universitas sama saja tergantung bagaimana cara anda belajar beradaptasi dengan lingkungan yg baru. Oleh sebab itu, anda tidak perlu khawatir jika tidak memiliki dana yg besar.

Terakhir, beberapa universitas negeri yg berkualitas memang mahal biaya kuliahnya. Akan tetapi, mereka jg mengadakan program-program seperti keringanan dan beasiswa yg dapat bantu biaya kuliah anda. Ya, semua kemudahan tersebut dapat anda nikmati selama anda memiliki prestasi yg baik.
Sumber: Harian Kompas

0 komentar: