23.47

Saatnya Dunia Kosmetik Indonesia Merambah Pasar Internasional

Dunia kosmetik merupakan salah satu dunia tertua yang diselami manusia. Dunia ini telah bertransformasi dari masa ke masa seiring perkembangan zaman. Selama perempuan ingin tampil cantik, selama itu pula dunia kosmetika terus berlangsung.

Meski definisi cantik sangat beragam, namun merawat dan memulas diri merupakan faktor-faktor besar yang ambil bagian di dalamnya. Mulai dari cara yang sangat tradisional yaitu menggunakan tumbuhan dan buah-buahan di masa nenek moyang, hingga kini dikembangkan dengan mengadopsi teknologi terkini.

Kendati demikian, resep tradisional yang diwariskan turun-temurun tak pernah benar-benar ditinggalkan perempuan Indonesia. Ekstrak daun sirih, bengkoang, atau ketimun, hingga kini masih banyak ditemui sebagai bahan-bahan dasar produk kosmetik. Indonesia pun boleh berbangga hati dengan keanekaragaman hayati dan budaya yang dimilikinya, sehingga formulasi ini bisa terus dipertahankan. Bahkan seiring dengan konsep kembali ke alam yang kini merambah secara global, semakin mengangkat bahan-bahan alami dan banyak produsen kosmetika yang mulai meninggalkan bahan kimia.

Di lingkup ASEAN, Thailand memegang urutan atas dalam dunia kosmetik untuk perkembangan maupun ekspansinya. Sangat mudah menemui produk-produk keluaran Thailand di Indonesia maupun di negara-negara lainnya. Seolah tak mau ketinggalan langkah, Indonesia berusaha mengejar dengan tetap mempertahankan identitas dan karakter bangsa.
Sumber: Harian Kompas

0 komentar: