08.26

Manfaat Pendidikan Keluarga

Keluarga adalah dua atau lebih dari dua individu yg tergabung karena hubungan darah, hubungan perkawinan atau pengangkatan dan mereka hidup dalam suatu rumah tangga, berinteraksi satu sama lain, dan di dalam perannya masing-masing menciptakan serta mempertahankan kebudayaan.

Dalam pembahasan ini keluarga dianggap sebagai sistem sosial, yaitu suatu institusi yg dapat mempengaruhi sekaligus dipengaruhi oleh anak. Sosialisasi adalah proses di mana anak belajar tentang kepercayaan, nilai dan perilaku yang sesuai dengan lingkungan tempat tinggalnya. Proses tersebut setidaknya melalui tiga cara, yaitu :
a. Sosialisasi sbg alat untuk mengatur perilaku anak dan mengontrol dorongan yg tidak diharapkan atau yang anti sosial.
b. Sosialisasi meningkatkan perkembangan individu.
c. Sosialisasi menghidupkan tatanan sosial.

Kekerasan terhadap anak adalah masalah yang serius, yang meliputi salah pengasuhan yang parah kepada anaknya, penyiksaan fisik, perlakuan seksual menyimpang, penyiksaan psikologis, dan emosi dan kekerasan tersebut dapat dilakukan oleh siapa saja baik disadari maupun tidak. Kejadian kekerasan terhadap anak sering terjadi kepada keluarga yang berada di lingkungan yang tidak sehat, yang terisolasi dari dukungan sosial.

Fungsi Keluarga
Ada beberapa fungsi keluarga yang dapat dijalankan keluarga sbb :
1. Fungsi Biologis
a. Untuk meneruskan keturunan
b. Memelihara dan membesarkan anak
c. Memenuhi kebutuhan gizi keluarga
d. Memelihara dan merawat anggota keluarga
2. Fungsi Psikologis
a. Memberikan kasih sayang dan rasa aman
b. Memberikan perhatian di antara anggota keluarga
c. Membina pendewasaan dan kepribadian anggota keluarga
d. Memberikan identitas keluarga
3. Fungsi Ekonomi
a. Mencari sumber-sumber penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarga
b. Pengaturan penggunaan penghasilan keluarga untuk memenuhi kebutuhan keluarga
c. Menabung untuk memenuhi kebutuhan keluarga di masa yang akan datang misalnya pendidikan anak-anak, jaminan hari tua, dsb.
4. Fungsi Pendidikan
a. Menyekolahkan anak untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan membentuk perilaku anak sesuai dengan bakat dan minat yg dimilikinya.
b. Mempersiapkan anak untuk kehidupan dewasa yang akan datang dalam memenuhi perannya sbg orang dewasa
c. Mendidik anak sesuai dengan tingkat perkembangannya

Dengan demikian lingkungan keluarga menjadi faktor utama dan pertama dalam mendidik anak. Tujuan pendidikan secara universal dapat dikatakan agar anak manusia tersebut mandiri secara mental, sosial, dan emosional yg dimilikinya, sehingga dapat mengembangkan kehidupan yg sehat dan produktif, dengan memiliki kepedulian terhadap orang lain.

0 komentar: