19.05

Pria_Makhluk Tertutup?!..

Banyak wanita yg sering mengeluh kalau merasa diasingkan karena sulit memaksa si dia berbagi perasaan. Tetapi di saat-saat tertentu, ternyata pria itu pun juga sangat ingin berbagi. Masalahnya, dia tidak tahu bagaimana caranya. Dan, perempuan sendiri jg kebingungan, bagaimana cara yg tepat untuk memancingnya bercerita.

Lalu sebenarnya, apa alasan mereka cenderung menutup diri?..
Namun sebenarnya tidak sesederhana itu. Ada banyak faktor mengapa kaum adam ini cenderung tidak bisa leluasa terbuka dengan pasangannya.

Alasan 1. Takut ditolak
"Tahan komentar menghakimi atau menyalahkan yg ingin segera Anda lontarkan kalau si dia salah langkah."
Pria sudah dikenal punya ego yg besar, mereka sangat takut untuk ditolak. Wanita cenderung suka menilai orang lain hingga membuat para pria takut untuk bersikap lebih terbuka. Ketakutan akan dianggap remeh atau malah ditertawakan. Karenanya bagi mereka, diam itu emas. Apalagi kalau pria sedang menghadapi wanita yg punya posisi khusus di dalam hidupnya, mereka akan ekstra hati-hati dengan segala tindak tanduknya. Jika anda akan menilai tingkah laku atau ucapannya sudah pasti mereka akan memilih untuk diam. Ini lebih aman ketimbang salah langkah. Kalau anda ingin dia buka mulut, jgn terlalu cepat menilai dirinya. Cobalah menjadi pendengar yg baik. Simak semua yang dia ungkapkan. Buat dia merasa nyaman dan merasa diterima dulu agar dia bisa membuka diri.

Alasan 2. Takut ditinggalkan
"Tanggapan yg positif dan jujur dari anda sangat penting dalam hubungan cinta. Si dia akan merasa punya teman berbagi yg mengerti dirinya."
Hubungan cinta adalah hubungan antar 2 manusia yg saling berbagi. Artinya, anda juga harus membuka diri jika ingin si dia terbuka. Setiap orang punya rasa takut ditinggalkan bila rahasia memalukannya tidak berkenan di hati orang yg dicintainya. Demikian jg pria. Jadi, yg harus anda lakukan adalah meyakinkan dirinya bahwa anda tidak akan berbuat begitu.
Anda pasti tak mengira kalau banyak pria merasa kesepian. Bukan saja cenderung tertutup, tapi jg karena mereka dilatih untuk menahan diri, terutama masalah perasaan.

Alasan 3. Trauma masa lalu
"Telaah hubungan kasih berdua serta peran yg anda lakukan. Fokuskan perhatian pada si dia."
Pernahkah anda terlibat debat sengit dgn si dia sambil mengungkit-ungkit kesalahannya di masa lalu?.. Biasanya si dia akan menyangkalnya habis-habisan. Karena takut kesalahannya di masa lalu berpengaruh buruk dan menimbulkan salah paham pada pasangannya, pria lebih memilih diam. Sadarilah sepenuhnya, semua yg dia katakan atau lakukan, sedikit banyak melibatkan diri anda. Hubungan cinta itu layaknya sebuah dansa, harus ada kerjasama yg baik antara anda dan dia.
Jika anda mau menghindari masalah ini dan membuat dia terbuka, cobalah bersikap lebih dewasa dan bertanggung jawab. Jgn selalu membawa-bawa kesalahannya di masa lalu. Kalau perlu, catat semua yg anda dapat berikan pada hubungan ini..! Nanti akan terlihat betapa anda pun tidak sempurna.
Saat memaafkan, yakinkan diri kesalahan si dia belum tentu terulang lagi. Komunikasi yg baik baru bisa terjalin kalau anda berdua bersedia melupakan kesalahan masa lalu. Jalani hidup yg sekarang dgn positif dan optimis. Masa lalu biarlah tetap menjadi masa lalu. Life goes on, honey!..

Alasan 4. Takut melukai
"Apakah anda mau seorang pacar jadi figur fantasi atau membiarkan dia menjadi dirinya sendiri?.. Semakin sering berpijak pada kenyataan, anda akan semakin kuat."
Mungkinkah punya hubungan yg benar-benar jujur?.. Alasan utama pria bersikap tidak jujur karena takut dengan resikonya. Pria merasa 'wanita' lebih 'suka' dibohongi karena sulit menerima kenyataan. Kebanyakan wanita merasa lebih suka memakai emosi untuk mengontrol pasangan dan hubungan cintanya. Selalu mengharapkan reaksi tertentu dari pria dan merasa kecewa ketika rekasi yg diharapkan tidak muncul.
Sayangnya banyak wanita terlalu berharap banyak pada pasangannya, bagaimana pria harus berpikir dan bertindak. Ini membuat wanita makin sulit menerima pria apa adanya. Mau mendengar ucapan si dia adalah kunci untuk menjalin hubungan yg baik. Perlakuan ini akan membuatnya merasa punya pasangan yang dapat diandalkan dalam suka dan duka.

Alasan 5. Takut pasangannya juga tertutup
"Anda akan menerima perlakuan yg sama dengan yg anda berikan. Ketika anda memberi rasa hormat dan cinta tanpa pamrih pada kekasih anda, anda memberikan hal yg sama pada diri sendiri."
Mungkin terdengar klise, tapi memang ada kalanya kita tak bisa jujur pada orang lain jika kita sendiri tidak bisa jujur. Cara terbaik, agar dia mau terbuka adalah anda harus berani membuka diri, jujur dan tunjukkan sikap penuh pengertian.
Kesadaran diri sangat berperan penting. Kalau anda ingin hubungan cinta yg terbuka, instrospeksi kembali cara anda memperlakukan diri sendiri dan riwayat cinta anda sebelumnya. Jika anda pernah dilukai, ini saatnya untuk melupakan masa lalu. Terkadang anda melakukan sesuatu karena ada pamrihnya. Ingat, anda akan menerima perlakuan yg sama dengan yg anda berikan. Itulah nilai lebih anda..! Jadi, jujurlah pada diri sendiri, lalu tularkan pada si dia.

Cara 'membaca' si dia :
Aroma mewangi
Selain mencerminkan kebersihan, pria ini juga menjaga keharuman tubuhnya berarti siap 'membuka' lembaran' baru.
Anti cukur
Tidak sensitif pada perasaan anda karena terlalu banyak hanyut dalam pemikirannya sendiri.
Waktu terkontrol
Setiap bersama anda, apakah si dia selalu memakai jam tangan?.. Jika ya, itu tandanya dia seseorang yg cenderung ingin mengontrol orang lain.
Saat menyeberang
Pria yg tidak ragu 'memasang' badannya saat menyeberang jalan berdua adalah pria yg tahu menghargai wanita.
Mau berbagi
Bisa makanan atau minuman yg sedang dia nikmati. Jika si dia mau berbagi, berarti dia tipe orang yg terbuka.

Beberapa hal tabu bagi pria sehingga si dia meninggalkan wanita :
1. Suka memaksa kehendak sendiri
2. Bersikap dan bicara kasar
3. Berpikiran negatif
4. Terlau matrelistis
5. Selalu bergantung pada pendapat orang lain
6. Terlalu ramah pada pria lain
7. Egois
8. Tidak menghormati orang tua
9. Merasa dirinya paling hebat
10. Tidak menepati janji
11. Suka berbohong
12. Terlalu sensitif, gampang menangis
13. Sombong
14. Terlalu PD
15. Tidak PD
16. Mata jelalatan
17. Terlalu mandiri
18. Terlalu manja, semua harus ditemani
19. Pakai baju terlalu tertutup
20. Pakai baju terlalu terbuka
21. Dandan berlebihan
22. Tidak bisa dandan
23. Makan berdecap-decap
24. BB {Bau Badan}
25. Pakai minyak terlalu wangi, bikin pusing
26. Ketiak tidak dicukur
27. Sebentar-bentar menata rambut
28. Habis makan korek gigi, tanpa menutup mulut
29. Wanita perokok
30. Kalau bicara terlalu keras, sampai telinga sakit

0 komentar: