00.45

Cemburu Itu...

Cemburu memang hal yang wajar bgt dialami semua orang. Menurut G.L. White dan P.E. Mullen dalam buku jealously : Theory, Research, and Clinical Strategis, 2 dari 3 pasangan yg pernah ikut terapi psikologis mengalami cemburu!..

Cemburu adalah perasaan yg muncul kalau sesuatu atau seseorang yang kita cintai diambil atau diincar oleh orang lain.

Cemburu bisa dibagi dalam cemburu normal dan cemburu posesif yang enggak sehat!.. Cemburu posesif ini bahaya banget, karena penelitian membuktikan kalau 20%-30% dari kasus pembunuhan disebabkan sama cemburu posesif ini!..

Hal-Hal Yang Memicu Cemburu :
1. Enggak PD
Cemburu berlebihan bisa muncul karena kita sendiri yg enggak pd. Ujung-ujungnya kita selalu takut pacar bakal ninggalin atau malah melirik cowok lain.

2. Trauma-Rama
Mungkin pacar yg dulu pernah selingkuh, jadi kita merasa parno untuk dikhianati lagi. Tapi, menurut penelitian yang dilakukan oleh G.L. White, trauma ini bisa juga karena pengalaman selingkuh kita sendiri. Yap!.. Kalau kita pernah selingkuh, rasa cemburu kita ke pacar baru jg besar.

3. Memang Mencurigakan
Cemburu bisa juga muncul karena memang kita merasa ada banyak cewek yang dekat dengan cowok kita. Cemburu yg muncul karena alasan ini wajar, kok!..

Cemburu... Berkurang Dong!..
1. Belajar Dari Pengalaman
Ingat-ingat pengalaman pacaran yg dulu. Cemburu posesif pastinya cuma bikin berdua susah kan?.. Jadi, jangan diulangi lagi ya!..

2.Empati
Coba bayangin dulu kalau kita di posisi yang dicemburui. Pasti enggak enak bgt. Kalau begitu, cemburunya ke pacar juga dikurangi, dong!.. Kasihan kan!..

3. Tunggu Bukti
Percaya sama feeling boleh, tapi jangan terus-terusan. Ada saatnya kita mesti nunggu bukti dulu, baru cemburu.

4. Respect Ourselves!..
Pacar milih kita dibanding CEWEK LAIN karena kita punya KELEBIHAN SENDIRI. Itu pasti!.. Jadi, ngapain juga kita sibuk cemburu sama cewek lain atau mantannya.

5. Tanya Teman
Tanya pendapat teman yang lebih netral soal masalah yg bikin kita cemburu. Siapa tahu cuma kita saja yg PARNO sendiri.

0 komentar: